Dalam sebuah pemasaran, tentu ada orang-orang yang bergerak atau bekerja dalam pemasaran. Orang itu disebut sebagai pemasar. Menurut Philiph Kotler, pemasar adalah seorang yang mencari tanggapan (perhatian,pembelian, suara, donasi) dari pihak lain yang disebut sebagai prospek.
Di dalam pemasaran seorang pemasar haruslah terampil dalam merangsang permintaan akan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Seorang pemasar dalam pemasaran harus bertanggung jawab atas manajemen permintaan. Menurut Philiph Kotler dalam bukunya Manajemen Pemasaran menyebutkan, setidaknya ada delapan kemungkinan status dalam permintaan, yakni permintaan negatif, permintaan non eksisten, permintaan laten, menurunkan permintaan, permintaan teratur, permintaan penuh, permintaan berlebih dan permintaan tidak menyeluruh.
1. Permintaan Negatif
Keadaan permintaan ini pada pemasaran yakni ketika konsumen tidak menyukai produk dan bahkan mungkin membayar harga untuk menghindarinya.
2. Permintaan non eksisten
Keadaan permintaan ini pada pemasaran yakni ketika konsumen mungkin tidak sadar atau tidak tertarik pada produk yang dihasilkan perusahaan.
3. Permintaan Laten
Keadaan permintaan ini pada pemasaran yakni ketika konsumen bisa berbagi kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oleh sebuah produk yang ada.
4. Permintaan Turun
Keadaan permintaan pada pemasaran yakni konsumen mulai tidak terlalu sering atau sama sekali tidak membeli produk.
5. Permintaan Tidak Teratur
Keadaan permintaan pada pemasaran yakni ketika pembelian konsumen bervariasi berdasarkan musim, bulan, minggu, hari, atau bahkan jam.
6. Permintaan Penuh
Keadaan permintaan pada pemasarana yakni ketika konsumen membeli semua produk yang ditempatkan di pasar.
7. Permintaan Berlebih
Keadaan permintaan ini pada pemasaran yakni ketika konsumen yang ingin membeli produk lebih banyak dari pada yang dapat di puaskan.
8. Permintaan Tidak Mungkin
Keadaan permintaan ini pada pemasaran yakni ketika konsumen mungkin tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang tidak diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar