Dalam buku Radical Marketing, Sam Hill dan Glenn Rifkin membentangkan satu perangkat pedoman prespektif yang dapat membantu perusahaan lain menandingi pemasaran radikal.
- CEO harus memiliki fungsi pemasaran. CEO pemasar radikal tidak pernah mendelegasikan tanggung jawab pemasaran.
- Pastikan bahwa departemen pemasaran yang dari awalnya kecil dan datar, dan harus dipertahankan tetap kecil dan datar. CEO tidak harus membiarkan lapisan manajemen bertumbuh begitu besar sehingga memperbesar jarak mereka dari pasar.
- Berhadapanlah dengan yang paling berarti---pelanggan. Pemasar radikal menyadari keuntungan yang didapatkan dari interaksi langsung dengan pelanggan.
- Gunakan riset pasar secara hati-hati. Para pemasar radikal lebih menyukai teknik akar rumput.
- Pekerjakan hanya misionaris yang bergairah, bukan pemasar. Pemasar radikal "tidak memiliki pemasar, mereka memiliki misionaris".
- Cintailah dan hargailah pelanggan Anda sebagai individu, bukan sebagai nomor-nomor dalam spreadsheet. Para pemasar radikal mengakui bahwa para pelanggan inti bertanggung jawab untuk banyak sekali keberhasilan perusahaan mereka.
- Ciptakan suatu komunitas pelanggan. Pemasar radikal "mendorong pelanggan mereka memikirkan diri mereka sebagai komunitas, dan memikirkan merk sebagai pemersatu komunitas itu".
- Pikirkan kembali bauran pemasaran. Sebagai contoh, pemasar radikal menggunakan "iklan terobos langsung" dengan ciri-ciri kampanye iklan yang singkat dan bersasaran.
- Perhatikan pendapat umum dan bersainglah dengan para pesaing lebih besar tanpa gagasan pemasaran yang segar dan berbeda. Pemasar radikal, misalnya, membatasi distribusi untuk menciptakan kesetiaan dan komitmen di kalangan distributor dan pelanggan mereka.
- Setialah terhadap merk. Pemasar radikal "obsesif tentang keterpaduan merek, dan mereka terpatok pada mutu".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar