Selasa, 12 Maret 2013

Apa itu Pemasaran ?


Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering mendengar kata pemasaran. Baik itu dalam tajuk berita, iklan di TV, lingkungan pekerjaan, atau bahkan dalam obrolan ringan bersama teman-teman. Namun jika dikaji lebih dalam, apa itu pemasaran?

Asosiasi Pemasaran Amerika mengartikan “Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya. Dalam hal ini kita bisa melihat pemasaran sebagai sebuah fungsi dari organisasi yang berusaha agar hubungan yang baik terjalin antara produsen dalam hal ini organisasi yang bersangkutan dengan konsumen atau pelanggannya. Dengan adanya pemasaran, diharapkan para pelanggan akan tetap setia mengonsumsi barang yang dihasilkan oleh produsen.

Jika kita berbicara tentang organisasi, sudah tentu ada proses manajemen yang berlangsung di sana. Jadi dalam hal ini pemasaran akan berkembang maknanya menjadi Manajemen pemasaran. Philip Kotler mengartikan Manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

Menurut definisi manajerial, pemasaran sering digambarkan sebagai “seni menjual produk”. Kita sering menganggap penjualan itu adalah hal terpenting dalam pemasaran, padahal sebenarnya tidak. Penjualan hanyalah bagian kecil dari proses pemasaran. Peter Drucker mengatakan :
”Orang dapat mengasumsikan akan selalu ada kebutuhan penjualan. Akan tetapi, tujuan pemasaran bukan untuk memperluas penjualan hingga ke mana-mana. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya menjual dirinya sendiri. Idealnya, pemasaran hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Semua yang dibutuhkan selanjutnya adalah menyediakan produk atau jasa itu.

Kita lihat kasus yang terjadi pada Apple yang mengeluarkan iPad, barang tersebut langsung diserbu pembeli. Hal tersebut terjadi karena pada saat itu iPad merupakan produk elektronik yang benar-benar barang yang tepat dibutuhkan konsumen. iPad tersebut merupakan barang yang tepat hasil dari rancangan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Apple.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar