Konsep pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat
penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha
yang telah lama dirintis, baik usaha mikro kecil menengah maupun usaha yang
telah berkembang sekalipun. Semuanya membutuhkan konsep pemasaran untuk
mengembangkan usaha yang dijalankan. Berbicara tentang konsep pemasaran, maka kita
sedang membicarakan bagaimana strategi pemasaran produk yang kita jual.
Hal itu pulalah yang dihadapi oleh usaha mikro kecil menengah yang saat ini banyak bermunculan. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha mikro kecil menengah masih sangatlah sulit. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha mikro kecil menengah tentunya dengan fokus pada strategi pemasaran.
Dengan terbatasnya anggaran pemasaran yang dimiliki usaha mikro kecil menengah, bukan berarti menjadikan usaha mikro kecil menengah kalah dengan usaha skala besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas :
- Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan sebagai salah satu bentuk pemasaran.
- Mencoba mengirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.
- Perkenalkan produk dan usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan.
- Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda laksanakan.
Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
menyusun strategi pemasaran untuk usaha mikro kecil menengah yaitu sebagai
berikut :
1. Konsistensi pada Pemasaran
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area pemasarannya,
dapat membantu mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan efektivitas
penciptaan merek.
2. Perencanaan Pemasaran
Perencanaan konsep pemasaran yang akan dijalankan usaha
mikro kecil menengah sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh.
Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakan strategi pemasaran, anggaran pemasaran,
serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.
3. Strategi Pemasaran
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan pemasaran
yang telah direncanakan, misalnya siapa target pasar, bagaimana usaha mikro
kecil menengah membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen yang ada
sebagai pelanggan tetap.
4. Target Market dalam Pemasaran
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju,
dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki. Target
pasar yang jelas akan membuat konsep pemasaran lebih mudah dilaksanakan.
5. Anggaran Pemasaran
Menghitung anggaran pemasaran merupakan bagian yang berat
dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat
dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha mikro
kecil menengah membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi
pemborosan.
6. Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran biasanya dijelaskan sebagai produk,
harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha mikro kecil menengah, perlu
memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan
bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain
dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.
7. Website sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran
7. Website sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha mikro kecil
menengah usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari
informasi dari internet. Sehingga informasi produk melalui website pun sangat
mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.
8. Membuat Merk
Merk adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan
yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha mikro kecil menengah selalu
melupakan kebutuhan merk atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha
mikro kecil menengah hasilkan.
9. Promosi dan Iklan dalam Pemasaran
Promosi dan iklan merupakan konsep pemasaran yang harus
dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha mikro kecil
menengah. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang
efektif hingga mampu meningkatkan penjualan.
10. Customer Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi
salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten.
Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga
tertentu bagi para member.
Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar