Minggu, 31 Maret 2013

Strategi Pemasaran Untuk UMKM


Konsep pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah lama dirintis, baik usaha mikro kecil menengah maupun usaha yang telah berkembang sekalipun. Semuanya membutuhkan konsep pemasaran untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Berbicara tentang konsep pemasaran, maka kita sedang membicarakan bagaimana strategi pemasaran produk yang kita jual.

Hal itu pulalah yang dihadapi oleh usaha mikro kecil menengah yang saat ini banyak bermunculan. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha mikro kecil menengah masih sangatlah sulit. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha mikro kecil menengah tentunya dengan fokus pada strategi pemasaran.

Dengan terbatasnya anggaran pemasaran yang dimiliki usaha mikro kecil menengah, bukan berarti menjadikan usaha mikro kecil menengah kalah dengan usaha skala besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas :
  • Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan sebagai salah satu bentuk pemasaran.
  • Mencoba mengirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.
  • Perkenalkan produk dan usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan.
  • Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda laksanakan.

Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha mikro kecil menengah yaitu sebagai berikut :

1. Konsistensi
pada Pemasaran
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area pemasarannya, dapat membantu mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.

2. Perencanaan
Pemasaran
Perencanaan konsep pemasaran yang akan dijalankan usaha mikro kecil menengah sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakan strategi pemasaran, anggaran pemasaran, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.

3. Strategi
Pemasaran
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan pemasaran yang telah direncanakan, misalnya siapa target pasar, bagaimana usaha mikro kecil menengah membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.

4. Target Market
dalam Pemasaran
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep pemasaran lebih mudah dilaksanakan.

5. Anggaran
Pemasaran
Menghitung anggaran pemasaran merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha mikro kecil menengah membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi pemborosan.

6. Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha mikro kecil menengah, perlu memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.

7. Website
sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha mikro kecil menengah usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi dari internet. Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.

8.
Membuat Merk
Merk adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha mikro kecil menengah selalu melupakan kebutuhan merk atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha mikro kecil menengah hasilkan.

9. Promosi dan Iklan
dalam Pemasaran
Promosi dan iklan merupakan konsep pemasaran yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha mikro kecil menengah. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif hingga mampu meningkatkan penjualan.

10. Customer Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member.

Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar